PEMANFAATAN APLIKASI QUIZZIZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS PBA B2
Main Article Content
Abstract
Untuk mempermudah pembelajaran dikelas diperlukan media yang relevan, dengan menggunakan media aplikasi Quizizz yang bernilai edukasi diharapkan peserta didik dapat belajar dengan inovatif sehingga akan lebih mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau library research, yaitu membaca, menelaah, dan mengkaji buku-buku maupun tulisan-tulisan yang berkaitan dengan pembahasan. Berdasarkan penelitian hasil yang dapat dicapai dalam aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran, yakni :(1)Perhatian siswa dalam menggunakan handphone dalam proses pembelajaran, (2)Pemahaman siswa memahami soal secara mandiri, (3)Keaktifan,baik bertanya mengenai materi maupun mengevaluasi dan mencatat materi. (4)Ketelitiansiswa terhadap soal dan manajemen waktu. (5) Ketenangan dalam mengerjakan soal atau kuis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media aplikasi Quizizz sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Quizizz merupakan salah satu media pembelajaran berbasis digital yang terdiri dari fitur kuis, survey, game, maupun diskusi. Aplikasi Quizizz sendiri dideskripsikan sebagai sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang dapat dijalankan menggunakan internet dan dapat diakses melalui website www.Quizizz.com. Dengan menggunakan Quizizz, peserta didik dapat melakukan Latihan atau evaluasi di dalam kelas pada perangkat elektronik mereka. Quizizz mengajak peserta didik untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di dalam proses pembelajaran.